Pangkalan Para ex. Siswa SMPN 6 Babatan Bandung Angkt. '65

-

Uniknya Bersekolah di Dekat Pasar

Bagi semua alumni yang pernah bersekolah di SMPN 6 Babatan Bandung mungkin pernah merasakan keunikan bersekolah di dekat Pasar Babatan Bandung. Aku bersekolah atau belajar di SMPN 6 Babatan ini ketika aku di kelas 3 karena ketika di kelas 1 dan kelas 2 aku belajar di Sekolah yang berlokasi di jalan Kebon Jati.
Keunikan yang tidak pernah terlupakan, kalau mau masuk ke Sekolah di pagi hari. Karena bertetangga dengan Pasar (waktu itu belum dikenal adanya Pasar Induk) maka tidak heran kalau kita menuju ke sekolah harus berjalan atau naik sepeda diantara truk-truk pengangkut sayur-mayur atau bahan-bahan pangan lainnya yang dijual di Pasar Babatan. Mau datang dari arah selatan atau dari arah utara kondisinya sama saja, tapi kondisi saat itu belum sepadat saat ini.
Kemudian beberapa puluh meter mendekati sekolah, pasti melewati tempat pembuangan sampah yang sangat menusuk hidung "harumnya" karena di dominasi pembuangan sampah sayuran yang sudah membusuk, sehingga memerlukan "keahlian" khusus untuk menahan nafas setiap meliwati tempat pembuangan sampah tersebut. Belum lagi harus "waspada" dan ekstra hati-hati melewati tempat tersebut karena sering kali sampah-sampah nya melimpah ke jalan yang akan kita lalui termasuk mewaspadai adanya "ranjau-ranjau" dari orang-oarng yang iseng BAB (Buang Air Besar) di lokasi tersebut.
Hal yang sangat bermanfaat adanya pasar di dekat sekolah adalah untuk pelajaran Prakarya. Sering sekali kita belajar prakarya dengan memanfaatkan "limbah" pasar, seperti ketika kami awalnya diminta membuat tali dari sabut kelapa maka dengan mudah material sabut kelapa dapat di cari dan diminta dari penjual kelapa. Setelah menjadi tali dari sabut kelapa kemudian dirangkai atau tepatnya dianyam menjadi kesed yang akhirnya kita bisa tahu asal muasal pembuatan kesed (pembersih alas kaki). Kemudian kami juga dijarkan membuat "centong sayur" dari batok kelapa yang juga dari limbah kelapa yang banyak di dapat di pasar tersebut.
Demikian sekilas cerita masa lalu ketika bersekolah yang dekat sekali dengan Pasar Babatan. Mungkin ada alumni lain yang bisa bercerita tentang pengalaman nya ketika bersekolah di "pinggiran" Pasar Babatan Bandung he he he ....

0 komentar:

Posting Komentar